Wednesday 31 October 2012

Filled Under:

anda tahu? 6 jenis bunga unik dan misteri


assalammualaikum semua..... Kali ini zamrispoon akan membahas tentang bunga2yang unik tp pelik, yang ada  pelbagai bagai rupa di dunia termasuk di malaysia. Apa sajakah itu? Mari kita semak.. jom!!!!
6. KADUPUL FLOWER (EPIPHYLLUM OXYPETALUM)
bunga kadupul flower 6 Bunga Unik dan Langka di Dunia
Bunga ini mudah dijumpai tetapi merupakan bunga yang cukup aneh dan  misteri, kerana ‘keanggunan dalam memekarkan bunganya. Bunga ini ditemukan di Sri Lanka di hutan liar dan memiliki makna rohani untuk umat Buddha. Ketika mereka mekar, mereka mekar hanya pada malam hari dan kemudian secara misteri layu sebelum suboh. Menurut Buddha, diyakinkan bahawa ketika bunga tersebut  sedang mekar, Nagas(Salah satu mitos suku di Sri Lanka) turun dari tempat tinggal surgawi mereka untuk menyajikan bunga sebagai hadiah kepada Buddha. Bunga-bunga beraroma aneh dan bewarna putih ini juga memiliki sejarah yang kaya di Jepun di mana namanya bisa diterjemahkan sebagai “Kecantikan di bawah Bulan.”

5. GHOST ORCHID (EPIPOGIUM APHYLLUM) – ANGGREK HANTU
anggrek hantu ghost orchid 6 Bunga Unik dan Langka di Dunia
Tidak hanya langka tapi menarik, Anggrek Hantu merupakan tanaman yang pupus selama hampir 20 tahun dan hanya baru-baru ini ditemukan lagi. Tanaman ini sangat unik kerana hampir mustahil untuk ditanam.. Bunga ini tidak memiliki daun dan tidak menggunakan fotosintesis untuk memproduksi makanan sendiri. . Anggrek Hantu biasanya hidup di bawah tanah selama bertahun-tahun dan hanya ditemukan di hutan di Kuba, dan satu lagi variasi lainnya di Florida. Anggrek Hantu memancarkan bau harum dan berbunga antara bulan Jun dan ogos. Di Kuba mereka tumbuh di pohon cemara di mana mereka muncul melayang seperti hantu, sesuai namanya.

4. YELLOW AND PURPLE LADY SLIPPERS (CYPRIPEDIUM CALCEOLUS)
small yellow ladys slipper flower 6 Bunga Unik dan Langka di Dunia
ladyslippers 570x498 6 Bunga Unik dan Langka di Dunia
Sebuah Anggrek liar langka pernah sekali ditemukan di bahagian Eropah. Yellow and Purple Lady Slippers atau kalau didalam bahasa melayu menjadi Selipar  Wanita kuning dan ungu adalah nama bunga yang kini tumbuh di Inggeris, namun tumbuh di satu lokasi, yakni lapangan golf. Satu petikan bunga ini pernah dihargai sebesar $5000 US, mengingati bunga ini sangat susah untuk dibiakan. Bahkan  Charles Darwin pun gagal menanamnya. Benih-benih bunga itu tidak memberikan makanan untuk tanaman yang tumbuh dan kerana itu hidup dalam hubungan simbiotik dengan jenistanah tertentu. Bunga ini memiliki warna ungu gelap yang kemerahan atau kecoklatan dan kuning terang serta juga berbentuk seperti selipar

3. YOUTAN POLUO
YOUTAN POLUO 6 Bunga Unik dan Langka di Dunia
YOUTAN POLUO 2 6 Bunga Unik dan Langka di Dunia
YOUTAN POLUO 3 6 Bunga Unik dan Langka di Dunia
Ditemukan oleh seorang petani Cina bernama Mr Ding ketika ia menemukannya tumbuh di paipbaja, dan kemudian oleh seorang biarawati Cina bernama Lushan yang menemukannya tumbuh di bawah mesin basuh nya, bunga Youtan Poluo yang misteri ini tidak memiliki nama ilmiah dan terdiri dari 28 potongan sangat kecil. Ini adalah bunga yang telah disebutkan dalam mitos India dan diyakini hanya mekar ketika Raja Sage masa depan mengunjungi dunia ini. Dalam bahasa Sansekerta namanya berarti “bunga keberuntungan dari syurga”. Bunga ini juga disebutkan dalam kitab suci agama Buddha dan ahli botani mengatakan bahawa bunga tersebut hanya mekar sekali setiap 3000 tahun (sekarang bagaimana mereka tahu?).

2. Padma raksasa (Rafflesia arnoldii)
bunga rafflesia 2 6 Bunga Unik dan Langka di Dunia
Bunga Rafflesia Arnoldii adalah tumbuhan parasit obligat dan mempunyai ukuran yang besar. Tumbuhan ini sama seperti bunga bangkai karena tumbuhan ini pendalam   di pulau Sumatera seperti di Jambi, bengkulu, sabah malaysia dan Sumatera Selatan. Nama bunga ini diambil dari nama gabungan 2 orang penemunya yakni Thomas Stamford Raffles dan Dr. Joseph Arnold. Diameter bunga ini dapat mencapai 1 meter ketika saat mekar dan beratnya hingga 11 kg. Bunga ini memiliki 5 daun mahkota yang mengelilingi bagian yang nampak seperti mulut buaya. Di dasarnya, ada bahagian seperti piringan berduri, yang terdapat putik atau benang sari tergantung jenis kelaminnya, jantan ataukah betina. Bunga ini mengeluarkan bau kurang enak kerana bertujuan mengundang lalat yang berfungsi sebagai haiwan penmangsa. Umur bunga ini hanya sekitar 1 minggu dan kemudian layu serta mati.

1. Bunga Bangkai
bunga bangkai 6 Bunga Unik dan Langka di Dunia
Bunga bangkai adalah tanaman asli Indonesia yang berasal dari Sumatra. Bunga ini sangat unik dan memiliki ciri khas yang menarik  dari bentuk mahupun aromanya. Tinggi dari bunga ini bisa mencapai 6 meter dengan diameter kurang lebih 3 meter. Kata ‘Bangkai’ berasal dari bunganya yang mengeluarkan bau kurang enak seperti bangkai yang busuk. Hal ini sebenarnya dimaksudkan untuk mengundang lalat penyerbuk dan kumbang dari bunganya. Kebanyakan orang salah mengira dan tidak dapat membezakan antara bunga bangkai dengan bunga Rafflesia arnoldii, padahal kedua bunga tersebut adalah bunga yang berbeza, hal ini mungkin kerana kedua bunga ini sama-sama mengeluarkan bau yang kurang enak....




0 comments:

Post a Comment

Nuffnang Ads

Followers