Sunday, 7 May 2017

Filled Under:

Dianggap Dewi Untuk Disembah.


 Jika korang menjadi salah satu kanak-kanak kecil yang bertuah dan dianggap sebagai Dewi apa yang akan kamu lakukan ...

Meskipun jika dalam kehidupan sehari - hari dizaman sekarang ini Dewi hanya dijadikan suatu perkara yang ghaib atau takhayul keberadaannya namun jika korang berkunjung ke Nepal maka di sana akan ada Dewi yang bernafas dan hidup.

Dewi di negara Nepal biasa disebut dengan Kumari, Kumari bagi warga Nepal adalah suatu manifestasi duniawi energi perempuan ilahi yang di yakini renkarnasi dari seorang Dewi terkenal sebagai Taleju atau yang disebut oleh Warga Nepal Durga.

Kanak - kanak yang terpilih ini akan tinggal di kuil - kuil yang diangkat khusus oleh kereta atau tandu khusus dalam festival mereka kemudian disembah oleh beberapa penganut agama Budha dan Hindu
.

 Namun kanak yang terpilih sebagai dewi ini tidak selamanya boleh disembah lantaran jika kanak tersebut sudah menstruasi maka ia akan berhenti untuk disembah oleh penduduk Nepal.

Beberapa aktivis menyebutkan bahawa aktivitas ini terlalu memaksakan anak kecil untuk bekerja sebagai Dewi. Apalagi dengan tinggal di kuil dan mendapatkan ritual setiap harinya tentu akan mengganggu kehidupan dan pembelajaran kanak-kanak itu sendiri.

Pada tahun 2008 pun sebenarnya tradisi adat ini akan dihapus oleh pemerintahan Nepal namun tidak jadi dihapus lantaran menyangkut Budaya dan Agama di Nepal.


 Mantan Kumari Chanira Bajracharya pun menceritakan tentang perasaannya ketika menjadi Kumari dan setelahnya, Chanira Bajracharya menyebutkan menjadi Kumari tidaklah semudah itu namun itu merupakan suatu tentangan.Tantangan yang paling besar ketika kita berhenti menjadi Kumari dari kehidupan yang sebelumnya serba hebat kini menjadi biasa saja dan untuk arah di atas permukaan tanah pun rasanya begitu sulit di awal - awal pensiun sebagai Kumari.








0 comments:

Post a Comment

Followers

networkblogs